Foto: Agus Susanto/Kompas

Jakarta – Foto hasil bidikan Agus Susanto, fotografer Kompas, mengejutkan publik. Ada pria mirip Gayus Tambunan, terdakwa kasus mafia pajak, tertangkap kameranya. Tak tanggung-tanggung, bidikan itu diperoleh di turnamen tenis internasional di Nusa Dua, Bali, ratusan km dari sel Gayus di Bareskrim Polri di Jakarta.

“Saya menyebutnya mirip Gayus ya,” kata Agus menegaskan saat berbincang dengan detikcom, Senin (8/11/2010).

Agus bertutur, foto pria mirip Gayus itu dia ambil pada Jumat (5/11) pukul 21.10 Wita. Saat itu tengah digelar pertandingan Daniela Hantuchova dan Yanina Wickmayer dalam ajang Commonwealth Bank Tournament of Champions di Nusa Dua, Bali.

“Kedatangan orang mirip Gayus di arena tenis itu beredar setelah seorang petugas tiket memberitahu wartawan, kalau ada seorang mirip Gayus yang menonton pertandingan,” terangnya.

Insting jurnalisme Agus pun muncul. Dengan sigap dia bergerak memperhatikan ke segala penjuru bangku penonton. “Saya sampai 3 kali pindah posisi, sampai akhirnya ketemu pria mirip Gayus itu,” imbuh Agus.

Agus, dengan berbekal kamera lensa tele, membidik orang yang mirip Gayus yang berada di tribun penonton sebelah kanan. Posisi Agus berada di seberang lapangan tempat pria mirip Gayus yang mengenakan wig, berkacamata dan berjaket hitam.

“Sepanjang pertandingan pria itu biasa saja,” imbuhnya.

Pria mirip Gayus itu, lanjut Agus, tampak serius memperhatikan jalannya pertandingan. Sesekali dia merapikan rambutnya. “Dia tidak terlihat mengobrol dengan ibu di sebelah kirinya,” imbuh Agus.

Nah, saat pertandingan selesai, pria mirip Gayus tidak segera beranjak dari tempat duduknya. Seperti penonton lain, dia mengeluarkan telepon pribadinya.

“Dia memotret para pemain tenis wanita itu,” kata Agus.

Jadi siapa sebenarnya pria mirip Gayus itu, benarkah dia Gayus yang asli? Polisi harus membongkarnya tuntas! (ndr/nrl)