Sebentar lagi Piala AFF 2012 segera bergulir pada bulan November nanti. Kenangan begitu meriahnya ajang itu di Indonesia 2 tahun ( Piala AFF 2010 ) lalu membuat saya merasa rindu dengan suasana tersebut. Dimana semua orang dengan sepenuh hati menyanyikan lagu Garuda Didadaku dan dengan penuh semangat datang ke stadion mendukung timnas Indonesia. Bahkan waktu itu hampir semua orang entah itu yang memang dari dulu menyukai sepak bola sampai yang mungkin hanya ikut-ikutan, terus ikut mengikuti sepak terjang Timnas Indonesia di ajang dua tahunan tersebut. Itu saya lihat saat Indonesia bertanding pasti di beberapa jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter hampir semua menuliskan status dukungan terhadap Timnas Indonesia.

Dan kini Piala AFF 2012 segera bergulir tapi gaung itu seakan tak ada lagi kini. Timnas Indonesia semakin terpuruk dengan adanya kisruh internal yang akhirnya mempengaruhi kinerja timnas di lapangan.

Dan dampaknya tak ada lagi dukungan penuh terhadap Timnas karena sekarang banyak pendukung timnas yang merasa pesimis dengan skuad Timnas Indonesia sekarang.

Indonesia vs Malaysia

Tak dapat dipungkiri perseteruan dua negara ini memang bukan hanya di dunia sepak bola saja tapi diseluruh aspek yang menyangkut kedua negara ini. Tapi tak dapat dipungkiri sepak bola adalah ajang dimana kita bisa merasakan perang yang sesungguhnya dengan negara jiran tersebut. Dan lewat sepak bola lah kita bisa membuktikan siapa yang kuat.
Dan terbukti kita sekarang sudah tertinggal dengan musuh bebuyutan kita tersebut. Itu bisa terlihat di dua ajang yaitu Piala AFF 2010 dan Sea Games 2011 dimana kita selalu kalah di Final.
Dan itu pastinya  membuat para pendukung Malaysia meremehkan kita, itu bisa dilihat di video ini

Renungkanlah wahai suporter Indonesia yang terus bertikai saatnya kita bersatu mendukung timnas kita . Jangan biarkan mereka kembali menghina kita. Jangan biarkan mereka menyanyikan lagu yang mengejek kita. Dan buktikan pada mereka kalau kita masih tetap menjadi negara yang kuat di Asia Tenggara ini.
SUPORTER MALAYSIA VS SUPORTER INDONESIA

Melihat perkembangan sepak bola Malaysia memang sungguh pesat . Mereka telah berhasil merebut Piala AFF 2010 dan medali emas di Sea Games 2011. Itu membuktikan kalau sepak bola Malaysia tlah mengalami transformasi yang pesat. Mungkin beberapa tahun lalu kita masih bisa begitu mudah mengalahkan mereka , tapi sekarang tlah berbeda . Mereka adalah tim kuat di Asia Tenggara dan tidak mudah untuk dikalahkan. Apalagi besok di Piala AFF 2012 mereka menjadi tuan rumah.

Pada beberapa tahun yang lalu sebelum timnas Malaysia memiliki banyak prestasi di ajang Internasional tak banyak pendukung Malaysia yang begitu semangat mendukung timnya. Dan belum banyak Ultras-ultras atau kumpulan pendukung (suporter) yang terorganisir.

Di Indonesia mungkin sudah lama memiliki basis suporter yang banyak sperti Bonek, Aremania, The Jack , Pasoepati atau yang lainnya. Tapi di Malaysia gaung nya baru terjadi setelah prestasi tim mereka melonjak dengan menjuarai Piala AFF dan Sea Games 2011.
Melihat perkembangan dan prestasi sepak bola Malaysia yang pesat tak dapat diungkiri itupun berdampak kepada peminat atau penyokong tim tersebut. Dimana sekarang suporter Malaysia bisa disejajarkan dengan suporter kita yang begitu semangat mendukung timnas dengan atraksi-atraksi nyanyian yang menghibur.

Dan sekarang suporter-suporter Malaysia pun tak kalah “menggila” nya saat mendukung timnya.

Tapi ada satu video yang membuat saya tercengang dan lumayan kaget , bukan karena lagu yang dinyanyikan suporter Malaysia tersebut yang ternyata sedikit menjiplak lagu suporter di Indonesia , soalnya saya sudah lama mendengar lagu yang dinyanyikan suporter Malysia itu dinyanyikan oleh para Bonek Mania, Aremania ataupun suporter lainnya di tanah air saat mendukung tim nya. Tapi kekagetan saya adalah ternyata di Malaysia pun para suporternya menghujat para petinggi FAM ( PSSI nya Malaysia ). Waow … ternyata mereka punya konflik juga dengan fedrasi sepak bolanya. Hanya bedanya mereka tidak mengalami konflik dan tetap bersatu mendukung Timnas mereka walaupun tidak aware terhadap federasinya.

So, masa kita kalah dengan suporter Malaysia. Ayo suporter Indonesia dukung terus Timnas kita , hentikan perselisihan dan bersatu bersama menyanyikan lagi  lagu Garuda Di Dadaku…..