BERPOSE: Sejumlah pemain yang memperkuat sinetron Undangan Kuning, saat berpose sebelum syuting (foto:pih/BNC)

BANYUMAS-Belakangan banyak sinetron yang mengangkat warna daerah. Namun sinetron yang mengangkat warna Banyumas secara serius mungkin baru kali ini. Seperti sinetron yang digarap Citra Sinema sejak akhir Juli 2011 lalu. Sinetron berjudul Undangan Kuning yang bakal tayang di SCTV dalam program Sinema Wajah Indonesia FTV selain mengambil lokasi di Banyumas dan melibatkan pemain masyarakat setempat.

Rupanya Dedy Mizwar, bos Citra Cinema tidak main main dalam penggarapannya. Selain memilih sutradara dan pemain yang sangat selektif, juga ekplorasi budaya Banyumas yang digarap secara serius.

” Kita buat film ini tidak main main meskipun hanya tayang satu jam, tetapi bukan berarti kami asal asalan,” ujar Ian Cinema, Pimpro Citra Sinema, mengutip pesan Dedy Mizwar.

ANGGOTA DEWAN: Anggota DPRD Banyumas, Syamsudin beserta istri di halaman rumahnya Desa Cikawung Kecamatan Pekuncen Banyumas yang dijadikan lokasi syuitng saat berpose bersama artis yang bermain di sinetron Undangan Kuning, FTV SCTV (foto:puh/BNC)

Sementara Gutheng Iku Akhin yang menyutradarai film ini mengaku sangat selektif saat melakukan casting. Dari 123 peserta casting, hanya 15 orang yang lolos. ” Untuk pemain pemain utama kami ambil dari mereka yang sudah biasa kita kenal. Ini pertaruhan saya mengemban sinetron wajah yang benar benar wajah Indonesia di Banyumas, ” ujar Gutheng yang alumnus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini.

Selain pemain figuran yang lolos melalui casting,beberapa pemain yang memperkuat sinetron ini antara lain, Kirana Larasati, Erika, Erly, Wiwing Dirgantara, Nanang Anna Noor, Budi Rahman dan Slamet Widya.

” Untuk menonjolkan warna Banyumasan film ini kami suguhkan dalam warna komedi situasi. Maka kami ambil komedian seperti aktor Wiwing Dirgantara dan Nanang Anna Noor,” tambah Gutheng.

http://banyumasnews.com/2011/07/29/undangan-kuning-sinetron-berlatar-banyumas/

NB. Film ini udah ditanyangin semalem tgl 30 September 2011 jam 22.30 di SCTV

Berikut cuplikan filmnya