Kabar gelombang perkosaan brutal oleh tentara Muammar Khadafi di Libya, makin diperkuat dengan beredarnya video adegan pemerkosaan sadistis antara dua orang pendukung pemerintah dan seorang wanita. Video yang berhasil diperoleh CNN ini menampilkan aksi pemerkosaan yang disertai penyiksaan.

Rekaman yang ditampilkan dengan gambar buram di CNN, Kamis, 16 Juni 2011 itu, didapat dari seorang pemberontak Libya. Dalam video tersebut, terlihat dua orang tentara loyalis Khadafi menyiksa wanita itu dengan menyodominya menggunakan, astagfirullah, gagang sapu.

Teriakan minta ampun dari perempuan itu dan permintaannya untuk menghentikan aksi tersebut malah justru membuat kedua lelaki itu semakin beringas. Menurut laporan CNN, wanita malang itu ditutup wajahnya menggunakan kaos kaki. Dalam budaya Arab, hal ini adalah penghinaan besar.

Pemberontak yang menyerahkan video itu menolak menyebutkan namanya. Video itu juga tidak memuat tanggal maupun lokasi di mana rekaman itu diambil. Dua orang lelaki dalam video juga tampak tidak mengenakan pakaian tentara.

CNN menyatakan tidak dapat memastikan keaslian rekaman maupun meminta klarifikasi dari pemerintah Libya. Namun, sang pemberontak bersikeras bahwa gambar itu diambil dari telepon genggam salah seorang tentara.

Tentara pendukung Khadafi dikabarkan sejak pekan lalu menggunakan pemerkosaan sebagai alat perang. Juru bicara kelompok pemberontak, Abdullah al-Kabeir, mengatakan bahwa perkosaan dilakukan secara sistematis untuk menjatuhkan mental para penentang pemerintah.

Kabeir mengklaim bahwa kelompoknya memiliki banyak video yang menampilkan kekerasan pendukung Khadafi, termasuk perkosaan. Pemerintahan Khadafi membantah hal tersebut dan mempersilakan dilakukan penyelidikan atau pembentukan tim pencari fakta untuk menelusuri kebenarannya.